Senin, 12 Mei 2008

PC Kloning; 1 komputer banyak user

Istilah kloning tentu tak asing lagi buat kita. Jaman saya SMP dulu, istilah itu sudah jadi bahan kajian banyak orang. Itu kloning di dunia biologi.

Intinya adalah penggandaan sebuah objek menjadi 2,3, dst dengan duplikasi yang ”sangat mirip” alias seindah warna aslinya. Begitu kira2, saya juga tidak mendalamai terlalu jauh soal itu.

Yang akan saya bahas disini adalah kloning pada komputer untuk pengguna multi user alias orang banyak dengan hanya menggunakan 1 CPU. Program ini sudah lama muncul, namun baru sedikit yang menggunakan.

Untuk kantor biasanya lebih memilih office station untuk melakukan kloning ini. Office station merupakan perangkat keras dan lunak yang bisa memecah PC. Harganya masih lumayan mahal. Namun bila dibandingkan dengan harus invest komputer baru tentu masih jauh lebih murah.

Selain office station, kloning juga bisa dilakukan sendiri dengan hanya bermodal software tanpa harus beli Office Station hardware.
Tapi anda jangan tanya; berarti gak perlu beli monitor lagi, keyboard, dan mouse lagi..? Itu pertanyaan konyol namanya. Kalo gak beli monitor lagi emang mau ngrubutin 1 monitor, trus ngetiknya rebutan 1 keyboard... sama juga gak di kloning.

Yang di kloning adalah CPU, sedangkan perangkat yang sifatnya melekat pada user seperti keyboard, mouse, dan monitor ya mesti harus beli lagi. Toh yang second harganya sangat2 miring. Monitor paling 250-300rb, keyboard banyak berserakan di tukang loak 
Dan 1 lagi, kita mesti nambah VGA Card, harganya juga murah banget, yang baru sekitar 300an kalo yang second tawar aja sampe dikasih sama yang jual.

Kebutuhan Minimal:
1. Komputer Pentium III dengan RAM 512MB
2. VGA Sesuai jumlah monitor (Bisa 1 VGA on board-yang sudah melekat pada motherboard ditambah 1 VGA PCI ato AGP)
3. RAM 256 tiap 1 user. Kalo 2 minimal 512 MB

Kita bisa menggunakan salah satu software PC cloning yang beredar di pasaran seperti betwin XP. Keyboard dan mouse untuk user ke-2 bisa pake yang port-nya USB, soalnya socket PS2 di komputer kan cuman2, itupun sudah dipake sama keyboard dan maouse user 1 kan.

Install dan jalankan.
Masing2 user bisa membuat user account sendiri dan menyimpan dokumennya sendiri, sendiri. Kalo di kontrakan kita ada koneksi internet, lumayan kan buat rental internet teman 1 kostan, ato setidaknya gak perlu rebutan kalo ada tugas kuliah

0 komentar: