Rabu, 28 Mei 2008

Cara Matikan Autorun

Beberapa waktu yang lalu saya telah menulis tentang Cara Meminimalisir Serangan Virus dengan mematikan fungsi Autorun. Kali ini saya tulis kelanjutannya, cara mematikan fungsi autorun. Maaf buat yang sudah nunggu2 lanjutannya. Soalnya, saya baru ingat kalo ada postingan yang mesti dilanjutkan.

Cara Virus Menyerang
Virus menyerang dengan berbagai cara, yang dimanfaatkan adalah celah. Celah akibat kelalaian user, maupun celah karena keamanan sistem yang terbuka. Cara pertama biasa disebut Social Enginering, merekayasa sesuatu agar menarik perhatian orang dan akhirnya melakukan apa yang dikehendaki oleh pembuat virus. Cara ke2 memanfaatkan kelemahan sistem. Sebenarnya bukan kelemahan, tapi fungsi2 yang ditungangi untuk melancarkan aksi serangan. Contoh saja autorun. Fungsi autorun dibuat oleh pembuat software untuk memudahkan dan membuat pengguna lebih nyaman. Namun, karena sifatnya yang tidak bisa memfilter -file yang akan di run- berbahaya atau tidak, akhirnya dimanfaatkan para pembuat virus.

Cara Matikan Autorun

  1. Manual. Cara ini sangat sederhana, yaitu dengan menekan tombol SHIFT dan menahannya selama +/- 5 detik saat kita memasukkan CD atau Flash Disk. Tentunya, cara ini harus kita lakukan manual setiap kali kita memasukkan CD atau Flash Disk.
  2. Otomatis. Dilakukan dengan mengedit Policy Windows. Caranya dari start pilih run > ketik: gpedit.msc > User Configuration > Administrator Templates > System > Turn Off Autoplay. Klik kanan > Properties > Enable.
Tapi ingat, cara ini tidak 100% menghadang virus. Karena perkembangan dunia virus terus berevolusi mencari cara2 baru untuk menyerang.
Cara ini hanya meminimalisir serangan virus ke komputer anda.

0 komentar: